Perhitungkan! Untung-rugi Membeli Rumah dengan Developer

Posted by

Ayurpo – Salah satu yang Anda temui saat akan membeli rumah ialah developer. Banyak tawaran yang akan ditawarkannya kepada Anda. Namun Anda perlu mengetahui apa saja yang akan menjadi untung-rugi bagi Anda saat melakukan pembelian melalui developer.

Sudahkah Anda Tahu Apa Itu Developer?

Developer merupakan perantara baik perorangan atau perusahaan yang bekerja untuk mengembangkan suatu kawasan permukiman menjadi kawasan perumahan baik dalam skala besar atau pun kecil. Menyediakan perumahan yang layak untuk dihuni dan biasanya menawarkan nilai ekonomis dengan sasaran jual kepada masyarakat luas.

Keuntungan yang Anda Dapatkan Saat Membeli Rumah dengan Developer

Beberapa hal yang menjadi keuntunga Anda yaitu Anda dimudahkan dalam pembelian, di mana Anda tidak perlu repot mencari tanah dan tidak perlu pusing memikirkan proses pembangunan rumah tersebut.

Anda mendapatkan kawasan rumah yang tertata rapi dan bersih, serta mendapatkan fasilitas yang biasanya tersedia bagi kawasan perumahan. Adapaun fasilitas publik yang biasanya telah dimiliki yaitu listrik, air yang bersiha, dan juga jalan.

Keuntungan berikutnya yang akan Anda dapatkan ialah pembelian rumah dengan sistem pembayaran cicilan. Anda bisa mendapatkan rumah dengan membayarkan uang muka dan dilanjutkan dengan pembayaran cicilan sesuai dengan yang telah disepakati.

Anda mengetahui bagaimana riwayat rumah Anda saat dibangun. Sehingga Anda bisa memperkirakan kapan waktunya rumah tersebut perlu untuk direnovasi. Lalu keuntungan lainnya yang Anda dapatkan ialah dokumen pembelian akan lebih terjamin karena adanya jaminan yang diberikan oleh pihak developer.

Kerugian yang Bisa Terjadi Saat Membeli Rumah dengan Developer

Ada beberapa hal yang akan menjadi risiko Anda saat membeli rumah dengan developer yaitu sertifikat rumah yang Anda beli belum menjadi atas nama Anda sampai pembayaran rumah tersebut lunas.

Kerugian lainnya yang bisa terjadi yaitu rumah yang Anda beli tidak jadi selesai sedangkan pembayaran telah lunas, atau rumah selesai tapi tidak tepat waktu untuk bisa dihuni, dan rumah selesai namun tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati di awal.

Pembelian rumah melalui developer merupakan salah satu kemudahan yang disediakan untuk Anda. Namun Anda harus lah memilih developer yang tepat saat membeli rumah yang juga sesuai keinginan Anda. Salah satu yang perlu diperhitungkan ialah reputasi developer dan memastikan proses penyelesaian sertifikat rumah bisa diselesaikan dengan mudah ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *