Dampak Negatif Suka Memukul Anak yang Wajib Orang Tua Tahu

Posted by

Ayupro – Terkadang, sebagai orang tua Anda menggunakan wewenang sesuka hati. Termasuk saat anak Anda melakukan kesalahan, Anda tak segan memukulnya sebagai suatu hukuman. Tapi, tahukah Anda, bahwa ada dampak negatif suka memukul anak yang bisa mereka rasakan? Bahkan tak jarang akan dibawa mereka sampai dewasa? Dampak di bawah ini misalnya.

  1. Anak Jadi Agresif

Anda harus tahu bahwa anak-anak seringkali tak mengerti dengan apa yang Anda maksudkan. Anak-anak tidak selalu memahami perbedaan antara agresi fisik seperti hukuman yang diperbolehkan maupun yang tidak. Menghukum mereka dengan cara memukul hanya akan menyebabkan peningkatan agresi pada mereka di sekolah.

Maksudnya adalah, Anda mungkin bisa membuat mereka tenang beberapa saat karena pengaruh pukulan itu. Tapi, Anda tak tahu, kan bahwa mereka akan mengulanginya terus-terusan bahkan lebih parah?

  1. Gangguan Perkembangan Kognitif

Memukul anak juga memiliki dampak negatif berupa gangguan pada perkembangan kognitifnya. Sebuah studi mengungkapkan bahwa anak-anak yang sering dipukul akan kurang mampu bersaing dalam perkembangan kognitif untuk anak-anak seusianya. Hal inilah yang membuat perkembangan IQ anak menurun dan kemampuan belajarnya juga rendah.

  1. Gangguan Perkembangan Emosional

Anak-anak yang sering dihukum dengan pukulan juga akan menunjukkan gangguan pada perkembangan emosionalnya. Anak-anak yang sering dipukul sebagai bentuk suatu hukuman akan menjadi anak yang rendah diri, mengalami kerusakan orak, gangguan perhatian bahkan bisa menjadi menyebabkan kurangnya keterampilan sosial.

  1. Pengulangan di Masa Dewasa

Ini adalah dampak negatif yang paling mengerikan. Anak-anak yang terbiasa dipukul sewaktu kecil akan menganggap itu adalah hal wajar. Mereka akan melakukannya pula ke anak mereka nantinya. Setidaknya, menurut sebuah penelitian 24% orang yang melakukan penganiyaan fisik pada anak mereka pernah mengalaminya juga di usia anak-anak.

Kebiasaan memukul anak membuat anak merasa hal itu adalah hal yang wajar. Makanya, Anda sebagai orang tua harus tahu diri dan menjaga agar tidak memberi mereka hukuman dengan pukulan. Dampak negatif suka memukul anak ini sangat besar. Anak Anda bisa mengalami kelainan seumur hidupnya karena ulah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *