5 Penyebab Sederhana Laptop  Mendadak Mati tapi Sering Diabaikan

Posted by

Ayupro – Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa laptop telah menjadi bagian hidup banyak orang. Tentu mengingat manfaat yang dimiliki oleh laptop untuk membantu pekerjaan hingga memberikan hiburan. Sayangnya, laptop juga seringkali mengalami masalah yang menganggu termasuk mendadak mati. Padahal ternyata ada 5 penyebab sederhana laptop mendadak mati seperti ini.

  1. Suhu Laptop Terlalu Panas

Perlu diketahui bahwa sirkulasi udara yang baik sangat diperlukan ketika Anda menggunakan laptop. Laptop yang mendadak mati biasanya disebabkan suhu di dalamnya yang terlalu panas. Hal ini bisa terjadi karena laptop digunakan di atas bantal, kasur, karpet maupun tempat yang tidak rata lainnya. Tempat inilah yang membuat sirkulasi udara untuk laptop tidak berjalan sempurna.

  1. Kipas Dingin Kotor

Kipas dingin yang ada di laptop memiliki fungsi untuk mendinginkan laptop itu sendiri. Apabila kipas dingin tersebut bekerja tidak semestinya maka dipastikan akan terjadi gangguan. Salah satunya adalah laptop yang mendadak mati. Hal ini bisa diantisipasi dengan membersihkan kipas dingin yang berdebu atau kotor.

  1. Perhatikan Kebersihan RAM

Selain kipas dingin, faktor lainnya yang patut mendapatkan perhatian untuk selalu dibersihkan adalah RAM. Perlu diketahui apabila RAM yang kotor akan membuat kinerja laptop menjadi tidak maksimal. Hal tersebutlah yang bisa membuat laptop bisa mati secara tiba-tiba.

  1. Jangan Paksakan Kinerja Laptop

Banyak kesalahan yang dilakukan oleh pemilik laptop adalah memaksakan kinerja laptop yang tidak seharusnya. Salah satunya seperti laptop yang tidak untuk bermain game ukuran berat nyatanya tetap dipaksakan. Hal ini dipastikan akan membuat laptop menjadi eror.

  1. Cek Pasta Prosesor

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pasta yang terdapat pada prosesor berguna untuk menghambat panas yang masuk ke dalam laptop. Untuk itulah, apabila laptop Anda mengalami mati mendadak atau kerusakan lainnya, jangan lupa untuk mengecek pasta pada prosesor.

Mengingat seringnya laptop untuk digunakan tentunya masalah seperti laptop mendadak mati jangan sampai terjadi. Hal tersebut bukan hanya menganggu tapi yang ditakutkan adalah hal tersebut bisa merusak laptop secara keseluruhan. Apalagi apabila terjadi secara sering. Melakukan lima tips seperti di atas bisa dijadikan solusi terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *