4 Perbedaan Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

Posted by

Ayupro – Asuransi syariah awalnya pasti membuat bingung mereka yang sudah terbiasa menggunakan asuransi konvensional. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang yang gamang untuk berpindah ke asuransi tersebut. Untuk itulah penting sekali mengetahui perbedaan antara kedua jenis asuransi ini. Berikut ini ada 4 perbedaan yang penting untuk diketahui.

  1. Konsep Perjanjian

Perbedaan pertama dari kedua asuransi ini adalah konsep yang dimiliki. Untuk syariah maka konsep perjanjiannya adalah saling menolong dan tidak mengharapkan imbalan. Sedangkan untuk asuransi yang konvensional maka konsep perjanjiannya mirip dengan konsep jual dan beli. Artinya mereka mengharapkan untung sebesar mungkin dengan kerugian sekecil mungkin.

Tidak heran apabila banyak orang yang kemudian memilih asuransi syariah dibandingkan asuransi konvensional. Termasuk pilihan terbaiknya adalah AlliSya Protection Plus yang merupakan salah satu program dari Alianz. Jenis asuransi ini akan memberikan banyak sekali keunggulan. Paling utama adalah kebebasan menentukan masa pembayaran premi.

  1. Dana

Pembeda berikutnya adalah masalah dana antara jenis asuransi dengan asuransi konvensional yang berbeda. Perlu diketahui bahwa untuk asuransi konvensional, dana yang dibayarkan melalui premi akan menjadi milik perusahaan. Dana tersebut nantinya akan menjadi hak penuh perusahaan. Sedangkan syariah, perusahaan hanya bertugas mengelola dana tersebut.

  1. Pengelolaan Dana

Pengelolaan dana juga menjadi pembeda antara asuransi konvensional dengan syariah. Seperti yang diketahui asuransi jiwa dan investasi bisa maksimal karena terdapat dana di dalamnya. Untuk konvensional maka pengelolaan dananya dilakukan sepihak oleh perusahaannya. Sedangkan untuk syariah dana dimaksimalkan dari keuntungan peserta asuransi.

  1. Terdapat Zakat

Terakhir adalah biasanya peserta dari asuransi membayar zakat dari keuntungan yang didapatkan perusahaan. Hal berbeda bagi mereka yang menjadi peserta konvensional tentunya tidak perlu membayar zakat tersebut. Namun lepas dari itu semua, zakat tentunya adalah hal baik karena bisa membantu orang lain.

Apabila Anda tergerak untuk membantu orang lain maka mengikuti program KadoUmroh Allianz bisa dipilih. Pada program ini Anda bisa merekomendasikan satu orang yang pantas untuk mendapatkan hadiah ibadah umroh secara gratis. Cerita terpilh akan mendapatkan hadiah ibadah umroh gratis dari Alianz yang merupakan perusahaan asuransi jiwa dan investasi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *