menjaga kesehatan jantung

6 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Posted by

Ayupro – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya bahkan termasuk ke dalam penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan di dunia. Penyakit ini sering menyerang namun jarang disadari oleh penderitanya sehingga ketika diperiksa, penyakit ini sudah parah karena sudah lama menyerang jantung karena lalai dalam menjaga kesehatan jantung.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

WHO mengatakan bahwa penyakit jantung menyebabkan kematian hingga 17,7 juta nyawa setiap tahunnya bahkan masih akan terus meningkat hingga 23,3 juta jiwa pada tahun 2030. Untuk itulah kita harus menjaga kesehatan jantung setiap hari bahkan bisa dimulai sejak dini agar tidak terkena penyakit jantung yang berbahaya. Untuk menjaga kesehatan jantung berikut terdapat beberapa tips yang harus rutin dilakukan.

menjaga kesehatan jantung

1. Perbanyak konsumsi ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh terutama jantung. Salah satu manfaat mengonsumsi omega-3 yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Beberapa jenis ikan yang kaya akan omega-3 yaitu ikan tuna, salmon, dan sarden. Ikan ini dapat diolah menjadi apa saja sesuai selera namun sebaiknya hindari untuk menggorengnya. Ikan bisa dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu untuk memenuhi kebutuhan omega-3 dalam tubuh.

2. Berhenti merokok

Orang-orang yang merokok memiliki peluang lebih besar terkena penyakit jantung bahkan juga penyakit lainnya. Bahkan asap rokok juga dapat memberikan dampak negatif bagi orang-orang yang terpapar asap rokok.

Rokok mengandung zat yang dianggap beracun yang dapat menyebabkan gagal jantung karena kurangnya asupan dan nutrisi. Untuk itulah segera berhenti merokok dan jangan pernah mencoba untuk merokok bagi yang bukan perokok. Apabila di sekitar anda terdapat perokok maka anda bisa menjaga jarak agar tidak terpapar asap rokok.

3. Konsumsi serat

Dengan mengonsumsi serat secara rutin setiap harinya maka dapat membantu menurunkan kolestrol jahat yang menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung dan juga penyakit lainnya.

Bahan pangan yang mengandung serat biasanya yaitu buah-buahan, sayuran, gandum, sereal, dan kacang-kacangan. Setiap harinya tubuh membutuhkan hingga 30 gram serat namun tetap harus diimbangi dengan mengonsumsi air putih secukupnya agar tidak menimbulkan efek samping.

4. Rutin berolahraga

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang harus dilakukan untuk melatih dan menjaga kesehatan jantung sehingga bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit dan bukan hanya penyakit jantung. Berolahraga secara rutin memang dapat memberikan dampak positif yang signifikan. Anda bisa berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Istirahat cukup

Meskipun anda sudah berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, seperti tidak ada gunanya karena semua yang dilakukan tidak bisa bekerja dengan maksimal apabila anda tidak melakukan istirahat yang cukup. Tubuh yang sehat adalah tubuh yang istirahat dengan cukup karena dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, dan darah tinggi. Setiap orang diharuskan tidur selama 7-8 jam sehari.

6. Hindari lemak jenuh

Lemak jenuh menjadi salah satu penyebab peningkatan kolestrol dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan jantung. Untuk itulah sangat wajib untuk mengurangi bahkan menghindari lemak jenuh agar tubuh dan jantung tetap sehat. Biasanya lemak jenuh dapat ditemukan di makanan gorengan, makanan olahan, hingga susu kaya lemak.

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, anda juga bisa mencoba mengonsumsi minuman sehat dari Nestle yang dapat menurunkan kadar kolestrol sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Salah satu produknya yaitu Nestle Acticor yang baik diminum 2 kali sehari setelah makan untuk menjaga kesehatan dan bantu turunkan kolestrol jahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *