proses scaling gigi

Bagaimana Prosedur Scaling Gigi?

Posted by

Ayupro – Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa hanya sedikit masyarakat yang memperhatikan kesehatan gigi, mulai dari minimnya tingkat pendidikan dan faktor ekonomi atau finansial dalam internal masyarakat. Padahal masalah gigi dan mulut ini bisa dicegah dengan pemeliharaan kesehatan gigi dan tindakan pencegahan masalah gigi. Bagaimana caranya? Tentunya menerapkan gaya hidup sehat (rutin menyikat gigi hingga hindari faktor yang bisa merusak gigi) dan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dokter gigi, salah satunya adalah scaling gigi.

Scaling gigi adalah istilah yang digunakan untuk membersihkan gigi. Scaling gigi sebaiknya dilakukan secara rutin 1-2 kali per tahun. Dokter akan memeriksa gigi dan gusi Anda, sehingga gigi akan terhindari dari masalah-masalah seperti kerusakan gigi yang dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti karang gigi maupun radang gusi. Jangan langsung takut mendengar istilah ini karena perawatan yang dilakukan dokter gigi ini tidaklah menyakitkan. Agar tidak takut untuk melakukan scaling gigi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu langkah perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi:

proses scaling gigi

1. Pemeriksaan mulut

Sebagai langkah awal, dokter akan memeriksa kondisi mulut Anda secara keseluruhan. Gusi yang mengalami peradangan atau gusi yang rusak adalah dua di antara beberapa masalah yang sering ditemukan. Dokter akan menggunakan cermin kecil dalam pemeriksaan agar dapat melihat kondisi mulut lebih seksama.

2. Membersihkan gigi

Selanjutnya proses scaling gigi adalah dengan membersihkan plak (karang gigi) dan tartar (plak yang sudah mengeras) yang menempel pada gigi. Plak dan tartar yang menumpuk sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggosok gigi atau menggunakan benang gigi. Dokter akan menggunakan alat scaler untuk mengikis plak di antara gigi dan di sekitar gusi. Hal ini normal dan tidak menyakitkan.

3. Tahap menyikat gigi

Setelah membersihkan plak dan tartar, gigi akan dibilas dan disikat menggunakan sikat gigi elektrik. Tujuannya untuk menghilangkan plak dan tartar yang masih tertinggal setelah dibersihkan.

4. Menggunakan benang gigi

Setelah selesai, dokter akan membuat gigi bersih maksimal dengan menggunakan benang gigi. Proses ini untuk benar-benar membuat gigi bersih, bebas dari kotoran yang terselip di antara gigi.

5.Pembilasan

Setelah seluruh proses scaling selesai, dokter akan membilas mulut Anda. Anda akan diminta berkumur dengan menggunakan cairan yang mengandung fluoride, sebagai perawatan penutup.

Jangan malas untuk melakukan perawatn, termasuk scaling gigi. Sebab gigi dan mulut yang bersih dapat meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan. Termasuk menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Beli paket scaling gigi di HonestDocs untuk perawatan gigi terlengkap dengan harga termurah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *