ikan bakar

Beberapa Bumbu Yang Bisa di Gunakan Untuk Ikan Bakar

Posted by

Ayupro – Tidak hanya daging saja yang sering ada dalam menu pesta BBQ, ikan juga bisa kalian coba ada dalam menu bakar-bakar kalian yang dimana memang ikan bakar juga memiliki ciri khasnya saat dibakar. Dan memang tiak hanya ikan bakarnya saja tetapi tentu saja aa bumbu andalan lain yang tak kalah enak dariĀ  bumbu kecap. Dan jika kalian ingin mengaakan bakaran ikan kalian bisa membuatnya enak dengan berbagai macam bumbu, seperti berikut ini beberapa bumbu ikan bakar yang bisa kalian coba.

ikan bakar

1. Bumbu Pedas Manis

Memang jika dilihat secara sekilas mirip dengan bumbu kecap, dan yang membeakanya ada pada rasa pedas manis, bumbi ini memerlukan beberapa bahan seperti, cabe merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih dan bawang merah dan campuran lain gua pasir dan garam. Untuk membuat bumbu olesan bisa campur minyak dan sedikit kecap manis an air jeruk limau yang dimana diaduk dengan bumbu halus hingga rata, lalu bumbu ini diolesi paa ikan sambil dipanggang di atas bara, dimana rasanya yang pedas manis dengan tekstur gurih dan enak

2. Bumbu Kecap

Bumbu yang satu ini memang sering digunakan untuk ikan bakar dan cukup popular dikalangan masyarakat. Dalam penyajianya yang mudah, tentu saja rasa yang enak, manis, gurih dan pedas. Dan jika kalian ingin mencobanya karena bumbu kecap tidaklah sulit, hanya kecap manis, bawang merah dan putih, merica, garam, dan jeruk nipis. Untuk membuatnya dengan haluskan bawang putih dan merah dan garam, lalu campur dengan kecap manis dan air jeruk nipis hingga rata, lalu oleskan bumbu ini ke seluruh bagian ikan, dan sambil dibakar oleskan lagi bumbunya hingga rata dan matang.

3. Bumbu Rica-rica

Kalo bumbu ikan bakar yang satu ini berasal dari manado, dan ikan yang digunakan adalah ikan baronang, tapi tenang bisa juga menggunakan ikan jenis lain. Dan bahan yang bisa kalian gunakana adalah, bawang putih, kunyit, garam, lada, cabe merah, serai dan daun jeruk dan haluskan. Ikanya sendiri dibelah dua, kemudian di lumuri jeruk nipis agar tidak amis. Terus campurkan semua bahan hingga halus, dan bumbu tersebut di oleskan ke ikan kalian bisa tumsi dulu bumbu halusnya. Dan kalian bisa bakar ikannya sembari ikan diolesi dengan bumbu ini hingga matang dan bumbunya meresap.

4. Bumbu JimbaranĀ 

Memang jika bicara bali tidak aka nada habisnya, dan dibali juga ada olahan ikan bakar dengan bumbu khas merea adalah jimbran yang kaya rempahnya, untuk membuat bumbu jimbran ini kalian membtuhkan, ketumbar, bawang putih, bawang merah, cabe merah, kemiri, asam jawa, jahe kunyit dan garam. Haluskan lalu di tumis hingga harum dan tambah kan air sedikit untuk sedikit encer, lalu kalian bisa oleskan pada seluruh bagian ikan sambil dibakal hingga matang, sambil oleskan bumbu hingga matang dan meresap dan bisa di padukan dengan sambal matah.

5. Bumbu Kuning

Jika kalian bosan dengan bumbu bakar hanya kecap saja, kalian bisa mencoba oleskan ikan bakar dengan bumbu kuning yang bisa lebih gurih dan memberikan kesan lebih bewarna. Dan jika kalian ingin membuat bumbu ini bahan yang diperlukan antara lain, bawag merah dan putih, kunyit, kemiri, jahe lengkuas, merica dan garam. Lalu kalian haluskan kemudian bisa langsung di oleskan ke seluruh bagian ikan baik luar maupun dalam, kalian bisa bakar kedua sisinya sambil dioleskan menggunakan bumbu kungin ini, dan rasa yang aka ada gurih dan sedap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *