ibu menyusui

Buah untuk Dimakan Saat Menyusui

Posted by

Ayupro – Sifat gizi ASI akan tergantung pada pilihan makanan kalian. kalian mungkin berpikir bahwa semua buah-buahan baik untuk dikonsumsi saat menyusui, tetapi bukan itu masalahnya. Beberapa buah dapat merusak kesehatan kalian dan karenanya harus dihindari. Tetapi sebelum berbicara tentang buah yang harus kalian hindari, cari tahu buah mana yang harus kalian makan. Berikut adalah daftar buah-buahan yang harus dimasukkan dalam daftar makanan kalian.

Rekomendasi buah untuk ibu menyusui:

ibu menyusui

1. Pisang

Pisang juga merupakan obat pencahar alami dan juga sangat membantu pencernaan. Pisang juga kaya akan kalium dan serat. Termasuk buah-buahan yang kaya serat, makanan yang kaya akan serat sangat penting selama menyusui karena dapat membantu mencegah sembelit. Namun, apa yang membuat buah ini cocok untuk ibu menyusui adalah kandungan potasiumnya. Potasium juga penting selama kehamilan dan pasca kehamilan. Dan kalian akan membutuhkan lebih banyak saat menyusui untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit pada tubuh kalian.

2. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang paling sehat dan dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Jika kalian sedang menyusui bayi, kalian harus memasukkan alpukat ke dalam makanan kalian. Seperti pisang, alpukat juga mengandung banyak potasium. Makan alpukat juga dapat membantu meningkatkan penglihatan, kualitas rambut, kesehatan jantung, dan pencernaan bayi kalian.

3. Blewah

Blewah adalah buah yang kaya akan vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niasin, tiamin dan folat. Buah blewah juga kaya akan vitamin C dan dapat membuat kalian tetap terhidrasi. Blewah sangat sehat untuk kalian dan si kecil, terutama selama menyusui.

4. Sapota

Sapota (juga dikenal sebagai chikoo) merupakan buah yang tinggi kalori, yang membuatnya baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Dengan makan sapota, kalian bisa menebus kalori yang dibakar saat menyusui. Sapota juga kaya serat dan banyak mineral serta vitamin. Selain itu, buah ini juga membawa banyak sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang membuatnya menjadi pilihan yang sehat untuk wanita menyusui.

5. Buah ara

Buah ara kaya akan banyak mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, dan kalium. Buah ini juga merupakan sumber serat, Vitamin K, dan Vitamin B6. Alasan inilah yang membuat perusahaan makan bayi sering memasukan buah ini kedalam produk, karena memang memiliki manfaat yang sangat banyak. Buah ini juga sangat cocok dimakan oleh ibu menyusui.

Buah-buahan yang tidak harus kalian makan saat menyusui:

Walaupun semua buah-buahan umumnya sehat, ada beberapa buah yang harus dihindari jika kalian sedang dalam masa menyusui. Hindari mengkonsumsi buah-buah ini jika kalian sedang menyusui si kecil.

1. Jeruk bali

Meskipun jeruk bali adalah salah satu buah yang paling sehat, buah ini sangat asam. Ini membuatnya sangat sulit bagi bayi di bawah usia 18 bulan untuk mencernanya. Ini juga dapat membakar kerongkongan dan lapisan perut mereka. Ini juga dapat menyebabkan keasaman yang ekstrem sehingga harus dihindari saat menyusui. Namun, sebaiknya hindari jeruk bali sampai si kecil berusia 3 tahun.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan sangat bagus untuk tubuh karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya. Ini dapat digunakan dalam berbagai cara dan dapat menawarkan manfaat tanpa akhir. Namun, sangat mirip dengan jeruk bali. Nilai asam dari jeruk nipis, bahkan setelah diencerkan dengan air banyakpun tingkat keasamannya masih tinggi, sehingga harus dihindari selama menyusui.

3. Ceri

Ceri adalah buah yang sehat ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Tetapi ini berlaku untuk anak dengan perut yang sudah berkembang sempurna. Kalian dapat mengkonsumsi ceri jika Anak kalian sudah balita. Jika kalian memakannya saat menyusui, bayi kalian akan mengalami masalah lambung dan pencernaan, yang selanjutnya dapat menyebabkan bersendawa, kentut, dan sakit perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *