cara memilih reksadana

Cara Membeli SBR 007

Posted by

Ayupro – Pemerintah kembali menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) Ritel yang berbasis online (e-SBN), yang bernama Saving Bond Ritel (SBR) 007. Produk investasi SBR ini memiliki kupon minimal 7,5 persen per tahun dan bersifat mengambang. Jadi, yang akan dijadikan sebagai acuan penetapan kupon adalah suku bunga BI 7 days Repo Rate yang ditambah dengan 1,50 persen.

cara memilih reksadana

Kupon SBR007 akan dievaluasi setiap 3 bulan. Jika BI menurunkan suku bunga BI 7 days Repo Rate, maka kupon SBR akan tetap berada pda level 7,5 persen. Akan tetapi, jika BI menaikkan suku bunga BI 7 days Repo Rate, maka kupon instrumen juga akan ikut naik. Instrumen ini tidak dapat diperjualbelikan di pasar sekunder, namun memiliki fasilitas early redemption.

Early Redemption adalah fasilitas yang hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp 2 juta di setiap mitra distribusi. Fasilitas ini memungkinkan investor untuk menerima sebagian pelunasan pokok SBR007 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo. Jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption dalah 50 persen dari total jumlah kepemilikan investor.

Bagi para investor yang ingin memiliki produk SBR seri 007 ini dapat membelinya secara online melalui mitra distribusi berikut, diantaranya Bank Central Asia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank CIMB Niaga, dan Bank DBS Indonesia, dengan minimal pembelian Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Cara membeli SBR007 adalah dengan membuka situs mitra distribusi yang akan dipilih. Lalu, lakukan registrasi secara online dan investor melakukan registrasi melalui sistem online Midis. Kemudian, lakukan pemesanan melalui sistem elektronik Midis. Setelah itu, lakukan pembayaran melalui bank. Batasan waktu pembayaran selama maksimal 3 jam sejak pemesanan Anda diverifikasi.

Nah, selain SBR, Anda juga dapat berinvestasi di reksadana. Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari investor yang akan diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajr Investasi.

Ada beberapa jenis produk reksadana, diantaranya Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham. Sebagai investor, Anda tentu akan memilih salah satu dari produk reksa dana tersebut. Sebelum memilih dan memutuskan reksa dana yang tepat, Anda harus mengetahui cara memilih reksadana. Untuk informasi lebih lanjut mengenai reksadana, Anda bisa mengunjungi situs https://id.tanamduit.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *