Oli gardan motor dan mobil

Cara Mengganti Oli Gardan Motor dan Mobil Dengan Mudah

Posted by

Ayupro – Oli gardan merupakan salah satu pelumas yang dibutuhkan baik untuk motor ataupun mobil. Oli gardan motor dan mobil berfungsi untuk melumasi sistem transmisi sehingga harus diganti secara berkala sehingga tidak terjadi kerusakan pada mesin dan kinerja pergesekan antar komponen dalam transmisi lebih halus.

Apabila oli gardan tidak diganti secara rutin, akan muncul suara bising dari dalam kotak CVT motor matic ataupun pergantian gigi mobil akan lebih susah dan mengeluarkan suara. Kekentalan oli gardan yang sudah berkurang dapat merusak gear ratio motor dan atau kerusakan fatal pada transmisi mobil. Sebenarnya, cara untuk mengganti oli gardan cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Oli gardan motor dan mobil

Cara Mengganti Oli Gardan Motor

1. Parkir motor di tempat yang rata

Cara ganti oli gardan motor yang pertama yaitu pastikan anda telah memarkirkan motor di tempat yang rata kemudian atur standar 2 motor agar letak kotak CVT dapat terlihat dengan jelas. Buka bau penguras pada bagian bawah dekat kotak CVT dan biarkan oli transmisi bekas pakai bisa keluar hingga selesai.

2. Siapkan oli gardan untuk motor

Anda bisa membeli oli gardan motor di bengkel terdekat di rumah anda. Setelah itu buka baut pengisi yang berada di atas baut penguras yang berada di posisi bawah. Siapkan wadah untuk menampung oli gardan bekas agar tidak mengotori lantai setelah membua baut penguras. Pastikan oli keluar hingga habis.

3. Isi dengan oli gardan yang baru

Setelah oli gardan bekas telah keluar sepenuhnya, pasang kembali baut penguras dengan rapat dan kuat agar tidak bocor. Setelah itu isilah dengan oli gardan yang baru secara perlahan agar tidak tumpah dan semuanya masuk ke dalam transmisi motor. Anda bisa memencet wadah oli gardan agar dapat dengan mudah keluar.

4. Pasang kembali baut pengisi

Setelah oli gardan terisi, pasang kembali baut pengisi dengan kuat dan erat. Pastikan kembali apakah baut penguras sudah terpasang dengan benar agar tidak terjadi kebocoran ketika motor dijalankan. Anda sudah bisa kembali mengendarai motor dengan aman dan nyaman.

Cara Mengganti Oli Gardan Mobil

1. Parkirkan mobir di tempat yang rata

Sama seperti motor, cara ganti oli gardan mobil yang pertama yaitu dengan memarkirkan mobil pada tanah yang rata dan pastikan sistem oli gardan mudah dijangkau. Jangan lupa untuk menarik rem tangan agar lebih aman saat mengganti oli.

2. Kuras oli yang lama

Sistem oli gardan berada pada bawah mesin mobil sehingga anda harus masuk ke kolong mobil. terdapat 2 lubang yaitu lubang pengisi dan lubang penguras oli. Siapkan wadah untuk menampung oli bekas kemudian buka baut penguras sehingga oli lama terkuras habis.

3. Mengisi oli gardan baru

Pasang kembali baut oli penguras dengan erat dan kuat kemudian buka baut oli pengisi. Anda bisa mengisi oli gardan baru dengan plastik atau botol. Jika menggunakan plastik, anda bisa langsung memasukkan sedikit mulut plastik agar oli bisa mengalir pelan ke dalam ruang gardan mobil. apabila menggunakan botol, anda memerlukan bantuan selang sebagai penghubung antara botol dan ruang gardan mobil.

Pastikan oli gardan yang terisi mulai dari 1 hingga 2 liter maksimal. Setelah selesai, pasang kembali baut pengisi dengan erat dan pastikan kembali bahwa baut penguras juga sudah terpasang dengan benar. Pergantian oli gardan pada mobil pun selesai. Inilah langkah-langkah cara mudah mengganti oli gardan motor dan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *