tumbuh kembang anak

Faktor yang Mempengaruhi Tahap Tumbuh Kembang Anak

Posted by

Ayupro – Tumbuh dan kembang anak sangat perlu diperhatikan agar si kecil bisa mencapai tubuh yang ideal dengan pikiran yang matang juga. Namun, makin ke sini, tumbuh kembang anak seringkali bermasalah karena dipengaruhi berbagai faktor. Apa saja faktor yang ikut berpartisipasi dalam menentukan tumbuh dan kembang anak itu? Ini dia!

tumbuh kembang anak

1. Faktor Genetik

Salah satu faktor yang paling erat dalam pertumbuhan dan perkembangan anak adalah faktor genetiknya. Faktor ini akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhan dan kematangan tulang si kecil. Selain itu, faktor ini juga akan mempengaruhi perkembangan alat seksual, saraf, dan lainnya.

Inilah yang jadi modal besar untuk anak dalam mencapai hasil akhir tumbuh kembang yang bagus dalam segala bidang. Baik itu dalam pertumbuhan fisik ataupun otaknya. Akan lebih baik, Anda membantunya berinteraksi dengan lingkungan yang positif untuk bantu dapatkan hasil yang optimal di sini.

2. Faktor Lingkungan

Hal lain yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil adalah faktor lingkungan. Faktor ini sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan dalam diri anak. Faktor lingkungan itu terdiri dari faktor prenatal yang terdiri dari gizi ibu ketika hamil, adanya trauma saat kehamilan yang sebabkan kelainan bawaan pada bayi atau adanya toksin dalam tubuh ibu.

Toksin ini misalnya adalah obat-obatan yang dikonsumsi selama hamil seperti thalidomide, phetidhine dan obat anti kanker. Adanya radiasi juga punya pengaruh besar pada tumbuh kembang bayi. Radiasi yang terjadi di umur kehamilan sebelum 18 minggu bisa sebabkan kerusakan janin. Infkesi bawaan seperti rubella dan TORCH juga bisa berpengaruh.

Ada juga faktor lingkungan setelah bati lahir atau disebut juga dengan faktor postnalat. Misalnya saja ras dan suku bangsa yang menyebabkan pertumbuhan somatiknya berbeda. Lalu, ada juga jenis kelamin anak serta umurnya. Gizi yang didapat pasca lahir dan imunitasnya juga sangat berpengaruh dalam tubuh dan kembang anak tersebut.

3. Faktor Fisik

Faktor lainnya yang bisa pengaruhi tumbuh kembang anak adalah faktor fisik yang terdiri dari cuaca, musim, keadaan geografis suatu daerah, sanitasi, keadaan rumah, pengaruh radiasi terhadap sesuatu dan lainnya. Faktor ini juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang si anak karena bersentuhan dengannya setuap hari.

Misalnya, pada musim kemarau yang panjang, akan membuat gagal panen dan makanan bergizi sudah didapat. Bila sudah begini, si kecil akan kekurangan gizi untuk pertumbuhannya. Tinggal di daerah yang sanitasinya buruk juga tak baik karena itu bisa meningkatkan angka seringnya terkena penyakit pada anak.

4. Faktor Psikososial

Ada juga faktor psikososial. Faktor ini juga terdiri dari banyak hal seperti stimulasi yang didapatkannya dari orang tua dan orang sekitar. Stimulasi yang terarah dan teratur akan membuat anak lebih cepat berkembang. Selain itu, pemberian motivasi belajar yang baik dan dilakukan sejak dini serta kondusif juga akan mempengaruhi tumbuh kembang otaknya.

Jika orang tua sering memberi ganjaran atau hukuman pada si kecil ketika ia berbuat salah, ini juga akan mempengaruhi perkembangan sikapnya nanti. Kelompok sebaya, rasa stres, dan lingkungan sekolah serta cinta dan kasih sayang yang didapat si kecil juga punya pengaruh besar dalam hal ini.

Nah, itulah berbagai faktor yang mampu mempengaruhi tumbuh kembang anak. Perhatikanlah semuanya dengan sebaiknya agar si kecil mendapatkan apa yang seharusnya ia dapatkan untuk pertumbuhan. Dukungan dari orang tua dan keluarga terdekat juga sangat diperlukan si kecil agar ia menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *