anak alergi susu formula

Gejala-Gejala Anak Alergi Susu Formula dan Pantangan Alergi yang Harus Dihindari

Posted by

Ayupro – Alergi susu sapi sering terjadi pada bayi karena sistem imun tubuhnya yang masih belum sempurna sehingga masih rentan. Alergi susu sapi sudah umum terjadi mengingat banyak susu formula yang terbuat dari bahan dasar susu sapi dan pastinya anak yang alergi susu sapi memiliki pantangan alergi seperti menghindari susu sapi.

Perlu diingat bahwa alergi susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa. Alergi susu sapi disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang bereaksi dengan kandungan protein di dalam susu sapi sedangkan intoleransi laktosa disebabkan karena tubuh kekurangan enzim laktase yang berfungsi untuk mencerna laktosa.

anak alergi susu formula

Gejala Anak Alergi Susu Formula Susu Sapi

Gejala reaksi alergi susu sapi bisa muncul dalam waktu yang cepat dalam hitungan menit hingga jam setelah mengonsumsi susu sapi. Beberapa gejalanya antara lain sakit perut, mual, muntah, sesak napas, gatal pada kulit, ruam, bengkak, dan diare.

Beberapa gejala anak alergi susu formula juga dapat muncul secara lambat hingga sehari setelah mengonsumsi susu sapi yaitu penurunan berat badan, pertumbuhan terhambat, ruam kulit seperti eksim, tidak nafsu makan, diare, kolik perut, mudah marah dan rewel.

Biasanya terdapat tiga reaksi gejala alergi susu sapi yang umum terjadi yaitu gejala yang muncul pada saluran pencernaan sebanyak 50-80%, gejala yang muncul pada kulit sebanyak 20-40%, dan gejala yang muncul pada saluran pernapasan sebanyak 4-25%.

Solusi dan Pantangan Alergi Susu Sapi

Ibu sebaiknya berkonsultasi kepada dokter apabila anak terlihat mengalami gejala-gejala seperti di atas untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pantangan alergi susu sapi juga sebaiknya dijalankan dengan menghindarkan anak dari mengonsumsi semua produk yang terbuat dari susu sapi seperti keju, es krim, yoghurt, dan susu formula dari susu sapi karena protein susu bisa tersalurkan dari ASI.

Apabila ingin memberikan si kecil susu formula, ibu bisa mengganti susu formula dari susu sapi menjadi susu formula dari kedelai atau soya berbasis protein yang bebas laktosa sehingga aman bagi si kecil dan nutrisi tetap tercukupi. Ibu bisa meminta rekomendasi merek susu yang baik untuk si kecil. Biasanya anak alergi susu formula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *