berita pilpres 2019

Harapan untuk Pelayanan Pemerintahan di DUKCAPIL

Posted by

Ayupro – Indonesia merupakan negara dengan birokrasi bertingkat dan itu berlaku untuk semua pelayanan pemerintahan termasuk DUKCAPIL. Anda yang sudah pernah melakukan pengurusan akan tahu bagaimana prosedur yang ada dan bagaimana ramainya DUKCAPIL. Ini beberapa harapan untuk pelayanan pemerintahan tersebut.

berita pilpres 2019

1. Edukasi ke Masyarakat

Dilansir melalui berita pilpres 2019, alur pengurusan yang seringnya dianggap ribet dan membuat masyarakat akhirnya meminta pihak lain untuk melakukan pengurusan perlu dicegah. Caranya dapat dilakukan dengan edukasi kepada masyarakat tentang alur pengurusannya agar tidak tertanam perspektif bahwa mengurusnya susah.

Penting sekali agar masyarakat bisa mengurus administrasi identitas dirinya sendiri sehingga jika terjadi kesalahan nama bisa segera diperbaiki. Pengurusan sendiri juga mencegah terjadinya kekeliruan data saat pengurusan.

2. Tidak Ada Kendala Cetak KTP

Harapan ke depannya kepada pemerintahan DUKCAPIL adalah tidak adanya kendala cetak KTP dengan alasan blangko yang kekurangan. Stock ini perlu dilakukan pendataan yang akurat dan perencanaan stock yang valid. Harapannya pihak DUKCAPIL tidak melakukan tindakan yang membenam blangko KTP untuk kepentingan yang lainnya.

Harapannya ke depan pengurusan ini tidak menimbulkan kontroversi dengan berbagai asumsi yang cenderung negatif. Kinerja yang lebih transparan tentu saja sangat penting agar tidak ada isu miring yang membuat masyarakat jadi enggan ke DUKCAPIL.

Selain itu untuk yang baru membuat KTP sebaiknya tidak terlalu lama menggunakan KTP sementara jika stock tersedia dengan baik. Penggantian KTP yang rusak pun bisa dilakukan selama memang sesuai dengan kriteria. Kualitas dari kartu KTP pun perlu ditingkatkan agar tidak mengalami kerusakan dalam waktu yang singkat.

3. Data Online

Harapan ke depannya pengurusan di DUKCAPIL bisa dimulai dengan melakukan cek data online atau pun pendaftaran secara online. Ini akan membantu agar tidak terlalu ramai kantor DUKCAPIL dan membuat suasana menjadi panas. Cara ini juga akan menghemat waktu atau tidak membuat waktu dengan menunggu antrean di kantor.

Masyarakat tinggal melihat jadwal nomor antriannya akan dipanggil. Ini juga menjadi cara agar kinerja pelayanan dari DUKCAPIL lebih terkontrol. Jika prosedur secara online ini diterapkan tentunya membutuhkan data paket yang jaringannya stabil.

Anda bisa memilih SMARTFREN sebagai pilihan dengan berbagai jenis paket #Super4GKuota. Tinggal membeli paket data yang sesuai dengan kebutuhan setelah itu bisa ikut serta untuk #KuotakanSuaramu. Anda tidak perlu bingung dan ragu lagi untuk memilih paket data ini. Jaringannya memuaskan untuk melakukan browsing di internet.

4. Informatif

Harapan ke depannya untuk pelayanan di DUKCAPIL bisa lebih informatif lagi kepada masyarakat. Jika ada perubahan persyaratan atau proses yang berbeda harap diinfokan ke masyarakat. Bisa juga dengan membuat himbauan di radio atau pemberitahuan di televisi.

Media sosial juga dapat digunakan untuk menjadi media informatif terkait berbagai pengurusan di DUKCAPIL. Harapannya tidak ada kendala lagi dan masyarakat bisa lebih sadar untuk terus melakukan update pada kartu identitas pribadinya dan juga keluarga.

Tujuannya tentu saja untuk bisa mendapatkan data penduduk Indonesia yang valid tanpa ada data double. Selain itu DUKCAPIL yang informatif akan mengurangi tingkat kecurangan dalam pengurusan data ini. Hal ini tentu saja penting agar tidak ada lagi kasus korupsi atau berbagai tindakan yang merugikan masyarakat ke depannya.

Ini beberapa harapan untuk pemerintahan DUKCAPIL yang juga menjadi bagian agar mendukung pelayanan publik menjadi lebih baik. Masyarakat akan percaya terhadap instansi pemerintah dan menghilangnya isu negatif dari berbagai sudut pandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *