cara mencuci helm

Hilangkan Bau Tak Dengan Cara Mencuci Helm Satu Ini

Posted by

Ayupro – Masyarakat Indonesia tampaknya lebih memilih menggunakan motor karena ringkas dan mudah dalam mengarugi jalan yang sekarang mulai padat merayap. Salah satu alat keselematan wajib bagi pengendara motor adalah helm. Tapi sering kali helm tidak mendapatkan perhatian lebih para pemiliknya. Bahkan banyak orang yang tidak tahu cara mencuci helm.

cara mencuci helm

Helm Helm yang sering kita pakai sangat berisiko memiliki bau kurang sedap. Maklum aja, keringat dan kotoran yang menempel pada helm akan mengendap dan nggak bisa hilang begitu aja. Makanya kita perlu mencuci helm secara rutin, minimal sebulan sekali supaya rambut nggak gatal dan wajah nggak jerawatan ataupun kusam.

Pada dasarnya semua jenis helm bisa dicuci, baik itu helm full face, half face, ataupun helm cross. Setiap produsen helm telah merancang produknya agar mudah dicuci. Oleh karena itulah semua bagian helm bisa dilepas agar nantinya memudahkan proses pencucian dan perawatan.

Sayangnya masih ada saja orang yang belum tahu cara mencuci helm yang benar, Nah bagi kamu yang penasaran ingin mengetahui cara mencuci helm dengan baik dan benar, silahkan simak informasi yang kami rangkum dibawah ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas semua bagian helm, mulai kaca sampai busa-busa dalam helm. Dan yang pertama harus dicuci adalah visor atau kaca helm, bagian ini memang wajib dibersihkan agar kaca tidak cepat buram dan menjaga visibilitas dalam berkendara. Kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan kotoran yang telah mengerak pada kaca helm.

Selanjutnya kamu harus meleas busa-busa yang ada didalam helm. Namun sebelum itu pastikan helm yang kamu miliki dilengkapi fitur “Removable Padding”, sehingga busanya bisa dilepas. Kemudian lepaskan seluruh bagian busa sampai hanya tersisa batok dan gabus kerasa saja. Apabila busa tidak bisa dilepas jangan dipaksa, karena kemungkinan belum dilengkapi fitur Removable Padding yang otomatis akan membuat kita sedikit mengalami kesulitan saat ingin mencucinya.

Kemudian Setelah busa terlepas, selanjutnya kamu tinggal rendam busa helm kedalam air sabun atau shampo selama kurang lebih 30 menit. Cara mencuci helm ini sangat penting agar kotoran yang menempel semakin mudah dibersihkan. Terlebih jika helm tidak pernah dicuci hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan, tentunya kotoran akan sulit hilang apabila tidak kita rendam terlebih dahulu.

Proses perendaman busa helm bisa disesuaikan dengan tingkat kekotoran helm. Nah setelah direndam, kemudian kamu langsung saja sikat busa-busa tadi dengan hati-hati. Disarankan untuk menggunakan sikat berukuran kecil agar tidak merusak busa helm.

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan cara merendam busa yang sudah bersih ke pengarum pakaian. Hal ini bertujuan agar wanginya lebih tahan lama, sehingga lebih nyaman digunakan. Agar hasilnya semakin maksimal, kamu bisa merendam busa tersebut sekitar 10 menit agar seluruh pengharum pakaian meresap kedalam semua bagian busa.

Setelah direndam sekitar 10 menit, kemudian langkah selanjutnya adalah memeras busa helm tersebut sampa kering. Lalu jemur saat matahari sedang terik atau menggunakan kipas angin jika busa tak terlalu basah. Semua helm dilengkapi lapisan EPS atau Styrofoam sebagai batok helm. Nah saat mencuci helm, disarankan untuk tidak meyikat bagian tersebut karena bisa merusak dan mengurangi masa pakai helm.

Dan yang terakhir adalah mencuci bagian luar helm atau bagian batoknya. Mencucinya juga tak boleh sembarangan. Saran kami lebih baik mencucinya dengan air bersih, lalu keringkan dengan kain halus dengan cara menggosoknya secara merata hingga semua air bisa teresap. Nah agar bagian luar terlihat lebih kicong, kamu bisa menggunakan wax pemoles. Apabila tidak memiliki wax pemoles. Selain itu kamu juga harus bersihkan bagian-bagian terkecil helm agar tidak ada kotoran yang menempel. Caranya cukup mudah, kamu bisa menggunakan cotton bud atau sikat berukuran kecil. Setelah semua bersih, tinggal jemur hingga kering.

Nah itulah tadi cara mencuci helm yang benar agar helm bisa terhindar dari bakteri dan membuat tetap kinclong saat dipakai. Selamat mencoba yaaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *