kaca helm

Ini Alasan Kenapa Kaca Helm Perlu Diganti Secara Berkala

Posted by

Estacurada – Helm menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang wajib digunakan. Helm berguna untuk melindungi kepala dari resiko kepala terbentur saat mengalami jatuh atau kecelakaan motor. Dengan adanya helm juga melindungi pengguna dari terpaan angin, debu, kotoran, atau terkena benda asing saat melaju dengan kendaraan yang dinaiki. Pada helm terdapat salah satu elemen penting, yaitu kaca helm atau biasa disebut dengan nama visor. Bagi pengendara motor wajib memperhatikan kondisi visor secara berkala. Hal ini lantaran peran visor yang cukup vital pada helm, terutama ketika helm digunakan si kondisi gelap maupun musim penghujan.

Helm memang piranti yang cukup awet digunakan hingga bertahun-tahun, asalkan tidak sering terjatuh. Namun visor pada helm memiliki masa kadaluarsanya sendiri. Sehingga secara berkala harus dilakukan penggantian setidaknya dua kali dalam setahun. Alasannya karena selama pemakaian visor akan mengalami hal-hal berikut ini:

kaca helm

1. Warna visor bisa pudar.

Penggunaan helm untuk berkendara setiap waktu, baik dalam kondisi panas maupun hujan membuat kondisi kaca helm atau visor menjadi mengalami perubahan. Perubahan tersebut terutama terlihat pada warna visor yang semakin pudar. Visor dengan warna yang pudar tentu akan mempengaruhi penampilan helm menjadi kurang menarik karena memang bagian ini merupakan yang cukup mencolok pada bagian helm. Kondisi ini bisa terjadi pada semua jenis visor, entah itu yang berwarna pelangi, warna gelap, hingga yang bening. Pada visor bening biasanya tampilannya menjadi lebih kusam. Visor yang pudar warnanya ini tentu harus segera diganti. Selain membuat tampilan helm kurang menarik, yang paling utama juga membatasi pandangan saat digunakan ketika berkendara motor. Hal ini tentu akan membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

2. Visor semakin gelap.

Kondisi cuaca yang berubah-ubah, baik panas maupun hujan membuat visor cenderung lebih gelap dibandingkan dengan aslinya. Hal ini lantaran terdapat banyak residu yang tertinggal pada visor. Selain membuat penampilan helm kurang menarik, juga bisa membahayakan pengguna. Dimana visor yang semakin gelap akan membatasi jarak pandang mata. Karena kondisi visor gelap ini, beberapa pengguna sering membukanya saat digunakan dalam berkendara. Hal ini cukup mengkhawatirkan mengingat debu atau kotoran yang terbang di jalan bisa masuk ke dalam mata. Untuk itu sebaiknya lakukan penggantian visor demi keamanan dan kenyamanan.

3. Visor lebih rapuh.

Kaca helm atau visor memiliki masa pakai tertentu. Sehingga saat digunakan selama beberapa waktu, jangan heran jika kondisinya semakin rapuh. Sehingga saat helm jatuh atau terbentur, visor ini akan mudah patah atau pecah. Jangan sampai menunggu hal ini terjadi, namun lakukan pergantian visor secara berkala agar berkendara dengan helm yang digunakan lebih aman dan nyaman. Nah, untuk tempat cari perlengkapan motor yang tepat dan terlengkap, Anda bisa mengunjungi situs motor online Moladin. Di situs ini berbagai kebutuhan produk sepeda motor dengan variasi lengkap, harga yang bervariasi, serta ada review dari para konsumen yang pernah menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *