dosis ranitidine

Kapan dan Bagaimana Mengonsumsi Ranitidine?

Posted by

Ayupro – Biasanya mengonsumsi ranitidine adalah sebanyak dua kali satu dosis di pagi hari dan malam hari. Beberapa orang hanya perlu meminum ranitidine sekali dalam sehari, yaitu sebelum tidur. Pada anak-anak, dan orang dengan sindrom Zollinger-Ellison, biasanya mengonsumsi ranitidine tiga kali sehari. Orang dengan radang parah pada pipa makanan (esofagitis) mungkin perlu meminumnya empat kali sehari.

dosis ranitidine

Bagaimana cara mengonsumsi ranitidine?

Anda bisa mengonsumsi ranitidine dengan atau tanpa makanan. Namun, jika Anda mendapatkan gejala setiap kali Anda makan atau minum, konsumsi ranitidine 30 menit hingga 60 menit sebelum minum, mengemil, atau makan. Untuk ranitidine tablet, telan tablet utuh dengan segelas air. Untuk tablet larut, larutkan tablet dalam setengah gelas air. Jangan gunakan susu, air bersoda, atau minuman bersoda lainnya. Tunggu sampai obatnya benar-benar larut lalu kemudian langsung diminum. Untuk ranitidine berbentuk sirup, biasanya lebih cocok untuk dikonsumsi anak-anak dan orang-orang yang kesulitan menelan tablet.

Berapa banyak ranitidine yang harus dikonsumsi?

Setiap tablet mengandung 75 mg, 150 mg atau 300 mg ranitidine. Anda dapat membeli tablet 75 mg di apotek dan supermarket, atau pesan secara online di HonestDocs untuk pemesanan obat secara praktis dengan harga terjangkau. Tablet larut dan tablet 150 mg dan 300 mg hanya tersedia dengan resep dokter. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan atau mulas, maka ranitidine yang harus dikonsumsi adalah 75 mg hingga 300 mg sehari. Dosis biasanya lebih rendah untuk anak-anak dan orang dengan masalah ginjal. Jika dokter meresepkan ranitidine untuk anak Anda, mereka akan menggunakan berat badan atau usia anak Anda untuk menentukan dosis yang tepat.

Kadang-kadang dokter akan meningkatkan dosis ranitidine jika itu tidak bekerja dengan baik. Tergantung pada alasan Anda menggunakan ranitidine, Anda mungkin mengambil dosis yang lebih tinggi saat awal mengonsumsi, biasanya untuk setidaknya 1 bulan. Setelah itu, dokter Anda dapat merekomendasikan dosis yang lebih rendah.

Berapa lama saya akan mengonsumsi ranitidine?

Jika Anda mengonsumsi ranitidine 75 mg berkekuatan rendah yang Anda beli di apotek, bicarakan dengan apoteker atau dokter sebelum memulai paket kedua. Mereka mungkin merekomendasikan tes untuk mengetahui apa yang menyebabkan gejala Anda, jika menggunakan ranitidine belum juga menyembuhkan. Jika dokter meresepkan ranitidine untuk Anda, Anda mungkin hanya perlu meminumnya selama beberapa minggu atau bulan, tergantung pada masalah kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *