kredit mobil bekas

Kredit Mobil Bekas, Ini Untung Ruginya

Posted by

Ayupro – Pada saat ini Kredit Mobil bekas masih menjadi cara paling ampuh untuk bisa mempunyai mobil, apalagi bagi pasangan yang baru mempunyai seorang anak atau pasangan muda yang baru menikah.

Tidak bisa dipungkiri memiliki sebuah mobil belakangan ini nampaknya sudah menjadi keharusan, apalagi bagi orang yang mempunyai mobilitas pekerjaan yang tinggi.

Ini yang membuat tidak hanya pasar mobil baru yang terus tumbuh namun pasar mobil bekaspun tak kalah bersaing. Namun masih banyak oarang yang kebingungan menentukan, apakah membeli mobil bekas secara cash atau kredit.

Untuk menentukan hal itu, ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan, agar kalian bisa menentukan langkah apa yang akan diambil, berikut kami berikan beberapa keuntungan dan kerugian saat membeli mobil bekas dengan cara cash dan kredit.

kredit mobil bekas

Keuntungan Beli Mobil bekas Secara Tunai

1. Tanpa Kena Bunga

Ini adalah keunggulan membeli mobil bekas secara cash yang paling utama, karena kita semua tahu harga mobil bekas sudah pasti murah dibandingkan mobil keluaran baru. Ini saja sudah bisa menjadi sebuah keunggulan yang utama.

2. Tidak Harus Memikirkan Cicilan Bulanan

Sudah jelas kalau membeli mobil secara tunai tentu tidak ada beban yang akan dirasakan. Coba bandingkan dengan membeli membeli mobil kredit, Anda harus memikirkan cicilan yang harus dibayarkan per bulan. Bukan hanya cicilan mobil, tentu Anda juga memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Bahkan bisa saja, kebutuhan lain tersebut cukup mendominasi, sehingga akhirnya Anda kesulitan membayar cicilan.

Kerugian membeli Mobil Secara Tunai

1. Pengeluaran Besar Diawal

Membeli mobil dengan cara cash memang harus menyiapkan dana yang cukup besar diawal, meskipun yang akan dibeli adalah mobil bekas. Meskipun bekas, harga mobil tetap mahal karena bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Sebagai patokannya, lihat saja harga mobil kini sudah semakin naik, tak jauh berbeda pula dengan harga mobil bekas. Apalagi kalo yang akan dibeli mobil clasik atau mobil ikonik, bisa-bisa harganya melambung tinggi bahkan melebihi harga mobil keluaran terbaru.

2. Tidak Ada Jaminan Asuransi

Ini salah satu kendala ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil secara tunai. Mobil yang dibeli secara tunai, baik baru maupun bekas, tidak disertai dengan asuransi. Biasanya asuransi secara otomatis diberikan kepada transaksi kredit. Ini diberikan untuk memastikan pihak pembeli jadi terjamin dan untuk memastikan masalah-masalah yang terjadi ke depannya akan ditanggung oleh asuransi. Hal tersebut lah yang tidak bisa Anda dapatkan ketika membeli secara tunai, kecuali Anda mengajukan asuransi sendiri.

Keuntungan membeli mobil bekas secara kredit

1. Punya Mobil Dengan Modal Awal Dikit

Hal ini biasanya menjadi alasan utama orang membeli mobil bekas dengan cara kredit, dengan modal awal yang sedikit sudah bisa bawa pulang mobil impian. Bahkan, Anda sudah bisa langsung mengendarainya hanya dengan membayar uang muka atau DP dari nilai yang telah disepakati. Langkah ini memang dinilai menjadi jalan pintas dan solusi bagi seseorang yang membutuhkan mobil dengan cepat.

2. Dapat Asuransi

Ketika membeli mobil dengan cara kredit, biasanya Anda akan diarahkan untuk langsung mengasuransikannya. Bisa saja mobil bekas yang Anda beli pun sudah diasuransikan, sehingga Anda hanya perlu melanjutkan pembayarannya.

Kerugian membeli mobil bekas dengan cara kredit

1. Terjerat Cicilan Bulanan

Ini adalah konsekuensi membeli barang dengan cara kredit, setiap bulan kalian harus memutar otak agar penghasilan bulanan harus cukup untuk membayar cicilan belum lagi dengan ditambah bunganya. Meskipun dikatakan di awal bahwa bunganya rendah atau hanya 1%, percayalah bahwa bunga senilai 1% itu sudah sangat besar. Di awal cicilan mungkin tidak akan terasa, namun jika sudah berjalan beberapa bulan maka akan terasa dampaknya.

2. Sewaktu Waktu bisa mobil ditarik

Pada dasarnya membeli mobil secara kredit berarti kita meminjam barang seseorang sambil mencicilnya. Dengan kata lain, barang yaitu mobil yang Anda beli belum menjadi milik Anda sepenuhnya. Ketika cicilan Anda mampet, kemungkinan terburuk yang akan didapatkan adalah disitanya mobil tersebut. Penyitaan ini biasanya dilakukan sampai Anda bisa kembali membayar lunas tunggakan cicilan mobil.

Itulah beberapa ulasan untung ruginya membeli kobil bekas secara cash atau kredit, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin membeli mobil dalam waktu dekat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *