hasil hitung cepat pilpres 2019

Lembaga yang Melakukan Hasil Hitung Cepat PILPRES 2019

Posted by

Ayupro – Pesta demokrasi telah usai namun masih saja suasananya tetap hangat karena masih menunggu hasil pemilihan yang telah dilakukan. Pihak KPU masih melakukan pengumpulan form CI hologram untuk setiap TPS. Hasil hitung cepat PILPRES 2019 pun banyak dilakukan oleh berbagai lembaga yang memiliki kemampuan tersebut.

hasil hitung cepat pilpres 2019

1. Charta Politika

Charta Politika menjadi lembaga yang ikut serta melakukan penghitungan cepat untuk PILPRES. Lembaga ini memiliki cara kerja yang profesional, menggunakan data lengkap, dan melakukan penghitungan secara matang. Kekuatan dari lembaga ini adalah hasil yang diproses dengan cross transactional database dari jutaan report dan perspektif alternatif.

Cara kerja dari lembaga ini dengan melakukan pendataan dan pemetaan secara detail. Hasilnya akurat dalam memetakan, memahami, dan juga memprediksi proses politik. Anda bisa mencari tahu bagaimana kinerja dari lembaga ini dengan mudah agar bisa menilai kredibilitasnya.

2. Indikator Politik Indonesia

Lembaga yang juga ikut Andil dalam melakukan hitungan cepat PILPRES 2019. Indikator Politik Indonesia mendapatkan hasil hitung cepat PILPRES 2019yang menunjukkan pasangan nomor 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul di 19 daerah yang melakukan pemilihan umum.

Salah satunya Jokowi-Ma’ruf menang telak di Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu juga suara PASLON nomor 01 menang di daerah Jawa Tengah (Jateng). Anda bisa memilih untuk mengikuti lembaga penghitungan cepat ini atau memilih lembaga lainnya untuk memantau hasil PILPRES.

3. Centre for Strategic and International Studies

Centre for Strategic and International Studies atau disingkat CSIS merupakan sebuah lembaga yang independen dan bipartisan. Lembaga ini melakukan penelitian kebijakan dan analisis strategis dalam politik. Bahkan juga aktif terlibat dalam kerja sama internasional, salah satunya menjadi tuan rumah untuk Komite Nasional Indonesia untuk Kerja Sama Ekonomi Pasifik

4. Poltracking

Lembaga yang turut melakukan hitungan cepat adalah Poltracking dengan misi untuk menghasilkan kajian dan analisa politik yang dapat diandalkan. Selain itu juga independen, dan nonpartisan. Lembaga ini akan melakukan monitoring opini publik dengan berkala yang dijadikan instrumen masukan bagi proses demokrasi.

Penelitian yang dilakukan Poltracking fokus pada kajian demokratisasi dan pelembagaan partai politik dan pelembagaan sistem pemilu dan parlemen. Selain itu juga dalam penataan sistem presidensial, tata kelola pemerintahan, regenerasi dan kepemimpinan politik.

5. Indo Barometer

Indo barometer juga lembaga yang turut andi melakukan penghitungan suara cepat PILPRES 2019. Lembaga ini memang  di bidang survei pemilihan umum di Indonesia. Survei yang dilakukan Indo Barometer adalah berkaitan dengan pemilu baik nasional maupun daerah. Selain itu juga untuk survei perilaku pemilih, dan demokrasi.

Hasil hitung cepat lembaga survei Indo Barometer sampai tanggal 18 April 2019 adalah nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin: 54,32 Persen. Ada pun untuk nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno sebesar 45,68 Persen. Hasil penghitungan ini diambil dari 1.200 sampel TPS dari 809.497 TPS yang tersebar di 34 provinsi.

Metode penarikan sampel TPS dilakukan dengan metode stratified and systematic random sampling. Jadi penarikannya tidak dilakukan sembarangan ada rumus metode yang digunakan agar hasilnya lebih akurat.

6. KONSEP Indonesia

Ada juga Konsultan Sosial, Ekonomi, dan Politik Indonesia yang biasa disebut dengan KONSEP Indonesia. Lembaga ini bergerak di bidang pemberdayaan sosial-ekonomi dan political marketing. Kredibilitas lembaga sangat teruji dengan track record pernah terlibat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Banten pada tahun 2010.

Selain itu juga terlibat pada Pilkada Kabupaten Pandeglang di tahun 2009. Pada tahun 2015 Pilkada Provinsi Kepulauan Riau dan banyak lagi yang lainnya. Hasil sementara dari penghitungan lembaga ini adalah Joko Widodo-Ma’ruf Amin 54,65 persen dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 45,35 persen.

Hasil hitung cepat PILPRES 2019 masih dilakukan terus sampai KPU mengeluarkan hasil resmi dari pemilihan yang dilakukan. Anda bisa memilih akan memantaunya dengan lembaga mana. Setiap lembaga tentu mempertanggungjawabkan hasil yang diperolehnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *