Obat luka tidak lengket di kasa

Macam Tipe Luka Secara Umum

Posted by

Ayupro – Setiap orang pasti pernah mengalami luka, baik terjatuh dari kendaraan bermotor, terkena benda tajam dan lain sebagainya. Hampir sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa ternyata luka dibedakan menjadi 4 macam tipe. Apa sajakah itu?

Obat luka tidak lengket di kasa

Bersih Terkontaminasi

Luka yang bersih terkontaminasi adalah jenis luka yang disebabkan oleh benda tajam ataupun daerah usus halus dan bronchial yang terkena oleh darah operasi. Bentuk penanganan jika disebabkan oleh benda tajam bisa menggunakan obat luka tidak lengket di kasa.

Pada daerah usus yang terkena percikan darah ketika operasi bisa dilakukan dengan cara menggunakan alat untuk menyedot darah tadi agar keluar. Bisa juga menggunakan benda bersih dan steril untuk membersihkannnya.

Luka Bersih

Berbeda dengan luka bersih kontaminasi, pada luka bersih ini luka hanya bisa disembuhkan dengan operasi menggunakan teknik steril. Adapun contoh kasusnya adalah operasi pada luka patah tulang, kelenjar tiroid yang bermasalah dan pada otak. Sterilisasi pada jenis luka ini bertujuan agar luka tidak muncul kembali dan seseorang kembali menjalani aktivitas sehari-harinya.

Infeksi Luka

Ada tipe luka yang bisa sembuh dengan cepat tanpa adanya infeksi. Namun, ada pula jenis luka yang mengalami infeksi ketika proses penyembuhannya. Pada luka jari terpotong pisau bisa terjadi infeksi jika pisau tersebut tidak bersih dan proses penanganan pertamanya salah.

Luka yang terjadi infeksi terjadi karena adanya kerusakan jaringan. Disisi lain kurangnya vaskularisasi pada jaringan juga menimbulkan terjadinya infeksi. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya melakukan perawatan luka secara benar dan rutin mengganti kasa yang digunakan. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembapan dan luka tetap dalam kondisi steril.

Luka Terkontaminasi

Luka yang terkontaminasi adalah tipe luka yang tidak rapi. Terkontaminasi disini artinya luka tersebut disebabkan oleh lingkungan organ tubuh yang kotor. Ada banyak faktor yang mempengaruhi lingkungan tersebut menjadi kotor.

Adapun contoh kasus pada luka yang terkontaminasi adalah kasus usus besar rektum, terjadinya infeksi pada saluran kemih dan infeksi bronkhial. Upaya yang dilakukan untuk penyembuhannya adalah dengan melakukan operasi pada bagian yang terkontaminasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *