penyebab rambut rontok

Mengatasi Rambut Rontok karena Rusak dengan Shampo yang Tepat

Posted by

Ayupro РSalah satu penyebab rambut rontok adalah kerusakan rambut. Rambut rusak memiliki akar yang tidak kuat sehingga mudah rontok. Selain itu, rambut rusak juga memiliki batang yang rapuh sehingga mudah patah. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir, perawatan rambut yang tepat dapat membantu anda  mengatasi masalah rambut rontok karena rusak.

penyebab rambut rontok

Apa yang Menyebabkan Rambut Rusak Hingga Mudah Rontok?

Penyebab rambut rontok ada berbagai macam dan kerusakan rambut adalah salah satunya. Kondisi rambut yang rusak dan rapuh ini biasanya dipicu oleh berbagai hal.

1. Keramas setiap hari

Beberapa orang berpikir bahwa keramas setiap hari akan membuat rambut bersih. Namun, kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan. Keramas yang dilakukan setiap hari dapat mengikis nutrisi rambut. Sehingga, rambut kekurangan nutrisi dan menjadi rapuh. Kondisi ini tentu akan menyebabkan kerontokan rambut.

2. Penggunaan catokan rambut dan hair dryer terlalu sering

Panas dari catokan rambut maupun hair dryer dapat menghilangkan kelembapan rambut. Hal ini terjadi karena panas tersebut menguapkan air yang ada pada rambut. Saat rambut kehilangan kelembapannya, ia akan menjadi kering dan mudah patah serta rontok. Selain itu, rambut kering juga susah tumbuh kembali.

3. Pewarnaan rambut

Zat amonia serta peroksida pada cat rambut dapat membuat rambut lemah dan keropos. Oleh karenanya, rambut yang diwarnai lebih rentan mengalami kerontokan rambut. Selain itu, bleaching juga dapat merusak rambut karena proses ini merubah struktur protein rambut. Sehingga, rambut menjadi kering serta rusak

Shampo yang Tepat untuk Rambut Rontok karena Rusak

Ada banyak shampo anti hair fall yang ada di pasaran. Namun, tidak semuanya cocok untuk anda dan dapat mengatasi kerontokan rambut yang anda alami. Untuk perawatan rambut rusak dan rontok, anda memerlukan shampo dengan formula ringan. Shampo seperti ini akan menjaga kelembapan alami pada rambut anda namun tetap menutrisinya.

Shampo dengan formula ringan biasanya tidak mengandung sulfat. Menurut para pakar rambut, sulfat dapat menghilangkan minyak alami yang melembapkan rambut. Sehingga, rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah rontok. Oleh sebab itu, anda sebaiknya memilih shampo bebas sulfat.

Selain menggunakan shampo berbahan ringan, anda juga harus menutrisi rambut anda dari dalam maupun luar. Asupan gizi yang baik akan menyehatkan rambut anda. Selain itu, penggunaan vitamin rambut juga akan memperkuat rambut anda. Sehingga, kerontokan rambut anda akan berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *