Health Check Up

Pahami Persiapan Saat Health Check Up

Posted by

Ayupro – Health check up atau medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, yang bertujuan untuk melihat gambaran kesehatan tubuh, mengantisipasi risiko gangguan kesehatan yang dapat berkembang menjadi penyakit dan untuk mengetahui upaya atau tindakan pencegahan dari hasil tersebut. Health check up ini biasanya dilakukan dan direkomendasikan pada seseorang yang memiliki indikasi tertentu dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Banyak orang yang masih bingung saat hendak melakukan medical check up termasuk tentang jenis-jenis pemeriksaan, persiapan yang dilakukan, dan besaran biaya yang dikeluarkan. Berikut beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan sekaligus penjelasan mengenai health check up.

Health Check Up

Persiapan Health Check Up

Sebelum melakukan pemeriksaan, Anda dapat memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Keluhan-keluhan atau hal-hal yang tidak semestinya terjadi beberapa waktu belakang. Misalnya saja siklus haid, adanya benjolan, perubahan bentuk tubuh drastis, atau perubahan kulit.
  • Sering pusing, lelah, pola makan berubah, gelisah, sulit tidur, depresi. atau trauma.
  • Mengingat kembali semua riwayat kesehatan keluarga karena sangat memungkinkan Anda juga dapat mengalaminya. Diagnosa dari riwayat kesehatan keluarga juga dapat membantu dokter memeriksa tingkat risiko tersebut pada Anda.
  • Perhatikan obat yang sedang dikonsumsi jika dalam masa penyembuhan suatu penyakit.
  • Bila mungkin, cari tau jenis pemeriksaan apa yang akan dilakukan. Untuk pemeriksaan kolesterol dan gula darah, biasanya dokter mengharuskan pasien melakukan puasa selama 8-12 jam sebelum pemeriksaan.
  • Catat semua hal tersebut dan sampaikan pada dokter saat pemeriksaan. Siapkan juga berbagai pertanyaan yang ingin disampaikan agar lebih memahami kondisi kesehatan tubuh Anda.

Health Check Up

Pada dasarnya, pemeriksaan ini akan dilakukan mulai dari pemeriksaan standar hingga yang lebih detail. Ada 2 jenis pemeriksaan, yaitu pemeriksaan umum dan pemeriksaan tambahan. Berikut penjelasan mengenai pemeriksaan tersebut:

1. Pemeriksaan Umum

Dalam health check up, Anda akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti tes urin, tes darah, tes penciuman, tes pendengaran, kesehatan paru-paru, rontgen, tekanan darah, dan lain-lain. Pemeriksaan  tersebut berlaku bagi seluruh jenis usia dan kelamin, dan dapat dilakukan di instalasi kesehatan seperti rumah sakit atau klinik yang ditunjang dengan peralatan laboratorium dan radiologi yang terpercaya.

2. Pemeriksaan Tambahan

Pemeriksaan tambahan dibagi menjadi dua tipe, yaitu pemeriksaan bagi pasien wanita dan pria. Untuk pemeriksaan tambahan wanita, Anda akan menjalani rangkaian pemeriksaan pap smear dan mammogram. Pemeriksaan pap smear berfungsi untuk memberikan informasi mengenai keberadaan human papilomavirus (HPV) yang menyebabkan kanker leher rahim. Mammogram bertujuan untuk memeriksa kanker payudara. Dokter akan memeriksa benjolan di sekitar payudara dan ketiak untuk mengetahui risiko kelenjar getah bening.

Sedangkan pemeriksaan tambahan khusus yaitu pemeriksaan di sekitar area organ kelamin (penis, prostat, testis). Dokter akan  memeriksa kondisi fisik pada penis untuk memperkirakan ada atau tidaknya risiko penyakit seksual menular. Kemudian, dokter akan memulai pemeriksaan testis untuk mendeteksi kanker testis secara dini dan memeriksa kondisi varikokel dan hernia yang sering timbul pada pria. Dokter juga akan memeriksa prostat dengan memasukkan jari ke rektum untuk mengetahui pembesaran atau kelainan pada prostat.

Health check up seringkali diyakini perlu dilakukan secara rutin setahun sekali. Namun beberapa studi menemukan bahwa pemeriksaan ini tidak perlu dilakukan benar benar rutin setahun sekali. Meski demikian, bukan berarti Anda lantas menelantarkan kesehatan tubuh. Tetap atur dan jaga pola hidup sehat serta konsultasikan kebutuhan pemeriksaan Anda di HonestDocs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *