tipes

Pantangan yang Harus Ditaati Penderita Tipes

Posted by

AYupro – Saat terserang tipes, istirahat total di rumah atau di rumah sakit adalah hal yang penting dilakukan agar bisa cepat sembuh. Dalam menjalani proses penyembuhan, ada pantangan yang harus diperhatikan dan dijalankan dengan konsisten untuk mencegah tipes bertambah parah.

Penyakit tipes merupakan penyakit karena bakteri Salmonella typhi. Setiap orang bisa terkena tifus namun biasanya anak-anak lebih rentan bakteri ini apalagi di lingkungan yang kumuh dan kebersihan yang buruk. Bakteri penyebab tifus dapat masuk ke dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya melalui kontak langsung, seperti menyentuh permukaan benda yang terkena kotoran penderita tifus.

tipes

Pantangan Penderita Tipes

Seiring waktu, tipes biasanya bisa sembuh sendiri dengan obat penghilang rasa sakit dan istirahat. Dokter terkadang meresepkan antibiotik yang harus diminum secara teratur. Namun, minum obat belum tentu cukup untuk membunuh bakteri dan menyembuhkan penyakit.

Tanpa pengobatan yang tepat, bahkan jika Anda tidak lagi memiliki gejala tifus, Anda mungkin masih membawa bakteri di tubuh Anda. Apabila hal tersebut benar terjadi maka risiko kambuhnya penyakit tipes akan tetap tinggi.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyebarkan bakteri penyebab tifus ke orang lain. Lebih buruk lagi, Anda akan mengalami komplikasi tifus, yang bisa mengancam jiwa. Patuhi pantangan yang ada untuk mencegah penyakit kambuh lagi.

1. Jangan jajan sembarangan

Meski terserang tifus, keinginan untuk jajan tetap ada. Selain itu, jajanan pinggir jalan seringkali lebih menarik dibandingkan makanan shat. Namun, saat Anda terserang tifus, jajan sembarangan adalah hal yang wajib dihindari. Bahkan jika Anda sembuh, pantangan ini harus dilanjutkan.

Kita tidak tahu bagaimana pedagang menyiapkan makanan, atau cara membersihkan peralatan masak sehingga kebersihannya tidak terjamin. Anda tidak tahu apakah dia telah mencuci tangannya atau apakah makanan yang dia gunakan benar-benar sehat dan segar.

2. Makan makanan mentah

Konsumsi makanan mentah merupakan pantangan bagi penderita penyakit tifus. Pasalnya, makanan tersebut mungkin mengandung bakteri Salmonella, Escherichia coli dan Listeria, yang dapat memperburuk infeksi.

Pantangan lainnya yaitu buah dan sayuran yang belum dicuci, susu dan produk susu non-pasteurisasi, daging, kerang, udang, ikan mentah. Pastikan semua makanan dimasak hingga matang untuk membunuh bakteri di dalamnya.

3. Minum air sembarangan

Konsumsi minuman dari sumber yang tidak diketahui atau yang dijual sembarangan dapat memperburuk tifus. Jangan jajan minuman dingin karena tidak tahu air apa yang digunakan untuk membuat balok es, apakah air matang atau belum. Dianjurkan agar Anda hanya minum air kemasan atau minuman ringan dalam kemasan. Harap juga gunakan air mendidih saat berkumur setelah menggosok gigi. Jangan menelan air mentah.

4. Tidak cuci tangan

Jangan lupa untuk mencuci tangan secara rutin biasanya saat sebelum dan setelah kdari toilet. Hal ini karena, bakteri Salmonella akan berpindah dari kotoran kemudian ke tangan Anda. Jika Anda memegang dan menggunakan benda lain setelah ke toilet tanpa cuci tangan terlebih dahulu, bakteri tersebut dapat menyebar ke orang sehat lainnya yang memegang benda yang Anda sentuh tersebut. Untuk mencegah tifus, penting untuk segera mencuci tangan dengan air dan sabun.

Kunjungi www.SehatQ.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik tentang kesehatan dan juga penyakit. Kumpulan artikel kesehatan dan bermanfaat dapat Anda temukan di sini yang ada di direktori penyakit. Manfaatkan juga fitur chat dokter dan booking dokter untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *