cara merawat rambut

Para Pria, Ini Cara Merawat Rambut Berminyak

Posted by

Ayupro – Banyak pria yang tidak atau belum mengetahui cara merawat rambut yang benar, terlebih lagi ternyata pria lebih banyak yang memiliki rambut yang berminyak karena kulit kepalanya juga berminyak.

Perlu diketahui jenis kulit kepala berminyak bisa membuat batang rambut berminyak juga. Kondisi ini terkadang membuat Anda yang baru saja keramas atau mencuci rambut, tidak lama kemudian terlihat lepek lagi. Perlu diketahui, rambut yang berminyak bukan hanya dialami oleh wanita saja, pria pun bisa mengalaminya.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pria untuk mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak Anda.

cara merawat rambut

1. Jangan sentuh rambut

Banyak yang tidak menyadari kalo sebenarnya menyentuh rambut awalaupun sehabis keramas bisa mengakibatkan rambut mengeluarkan minyak dan akibtanya rambutpun juga berminyak. Bila terlalu sering memegangnya, menyisirnya, dan bahkan merapikan rambut, maka semakin banyak pula minyak yang Anda produksi. Kondisi tersebut membuat penampilan rambut jadi lepek. Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu sering menyentuhnya.

2. Masker alami sangat membantu

Masker rambut dari bahan alami seperti alpukat atau lidah buaya bisa menjadi alternative untuk membuat rambut tidak berminyak. Karena bahan alami itu bisa megurangi produksi minyak dikepala.

3. Keramas dengan benar

Cara paling ampuh untuk mengurangi produksi inyak di kepala adalah dengan keramas, namun masih banyak pria yang tdak melakukan tata cara keramas dengan benar. Cara mengatasi rambut berminyak untuk pria yang pertama cucilah rambut dengan benar menggunakan sampo. Bilas rambut setidaknya 30 detik atau bisa lebih dari itu. Kemudian bilas rambut Anda dengan air bersuhu normal setelah keramas. Hindari membilas rambut dengan air hangat, karena air hangat mampu merangsang kelenjar yang menghasilkan sebum (minyak alami rambut).

Sementara membilas rambut dengan air bersuhu normal bisa menutup kutikula dan mengurangi kerusakan rambut Anda. Selain itu, batasi mencuci rambut 2-3 kali seminggu saja. Karena semakin sering Anda mencuci rambut, semakin banyak pula minyak natural pada rambut yang terangkat.

4. Dry shampoo bisa menjadi alternative

Untuk menyerap minyak di kulit kepala yang meyebabkan rambut berminyak adalah dengan menggunakan dry shampoo. emprotkan sedikit saja dry shampoo pada rambut yang berminyak.  Bila Anda tidak memiliki dry shampoo, taburkan saja bedak bayi ke kulit kepala. Bedak bayi bisa menyerap semua kelebihan minyak. Tapi bila menggunakan bedak bayi, bisa meninggalkan jejak putih pada rambut.

5. Pakai shampoo yang menghidrasi kepala

Pilih moisturizing shampoo dan kondisioner yang lightweight yang bisa membantu kelembapan yang hilang di kulit kepala Anda tanpa mengangkat minyak secara berlebihan.

6. Coba Blow Rambut

Selain cara di atas, kamu bisa mencoba gaya rambut keriting atau bergelombang untuk menyiasati rambut yang lepek. Sebaiknya blow saja rambut Anda agar  tidak terlihat lepek dan berminyak. Selain itu, biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya. Bila ingin menggunakan hair dryer, sebaiknya gunakan hair dryer dengan kipas yang mengeluarkan angin, bukan suhu panas. Bila Anda menggunakan pengering bersuhu panas, justru bisa memicu produksi minyak di kulit kepala dengan cepat.

7. Ganti Sisir

Cara merawat rambut berminyak juga perlu dilakukan dengan mengganti sisir. Bila terus menggunakan sisir rambut yang sama, kotoran pada sisir tersebut dapat membuat rambut semakin berminyak dan kotor.  Jadi, sebaiknya ganti sisir secara berkala dan Anda akan melihat minyak rambut bisa semakin berkurang

Itulah beberapa cara merawat rambut berminyak pada pria. Tidak hanya wanita yang harus menjaga kualitas rambut pria pun juga harus menjaganya, karena berpenampilan yang rapi adalah bentuk penghargaan pada diri sendiri.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *