fisioterapi

Pentingnya Fisioterapi Profesional untuk Proses Penyembuhan

Posted by

Ayupro – Layanan fisioterapi adalah satu proses perawatan untuk membantu mengembalikan fungsi dan gerak bagian tubuh seseorang akibat luka, sakit, atau hilangnya kemampuan tubuh (dikutip dari Hello Sehat). Perawatan ini juga berguna untuk mengurangi risiko terluka atau sakit seseorang pada waktu yang akan datang; misalnya saja persalinan.

Layanan ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi fisioterapis langsung di rumah sakit, atau mengundangnya berkunjung ke rumah Anda melalui perusahaan kesehatan berbasis teknologi seperti Homecare24. Untuk informasi lebih lanjut terkait jasa fisioterapi kunjungan, silakan kunjungi laman berikut https://homecare24.id/layanan/fisioterapi.

fisioterapi

Fisioterapi Profesional

Terapi fisik, nama lain dari fisioterapi, wajib dilakukan oleh pihak profesional—atau orang yang memahami serta memiliki ilmu dan pengetahuan tentang tubuh dan penyakit seseorang. Pasalnya, kesembuhan pasien bergantung pada penerapan teknik terapi yang sesuai dengan kondisi pasien itu sendiri. Inilah alasan utama mengapa terapi fisik patut dilakukan oleh seorang fisioterapis profesional.

Meskipun fisioterapi juga menggunakan pendekatan seperti gaya hidup pasien, namun mendapatkan perawatan ini tidak bisa dilakukan oleh orang tanpa ilmu.

Kondisi Lain yang Membutuhkan Fisioterapi Profesional

Di atas telah disebutkan bahwa fisioterapi diperuntukkan bagi orang dengan kondisi pascaluka, sakit, hilang kemampuan tubuh, maupun orang yang ingin mengurangi risiko atau sakit di masa yang akan datang. Contoh umumnya adalah orang yang selesai melampaui operasi, cedera fisik, atau akan bersalin. Meski begitu, kondisi-kondisi berikut juga ternyata membutuhkan terapi fisik profesional.

Gangguan Sistem Saraf

Gangguan sistem saraf bisa menyebabkan beberapa organ gerak tubuh lumpuh atau organ bicara bisu. Inilah alasan orang dengan gangguan sistem saraf perlu melakukan perawatan terapi fisik ketika tubuhnya sudah tak mampu bergerak dengan normal. Beberapa contoh gangguan sistem saraf yang membutuhkan layanan fisioterapi adalah penyakit parkinson, stroke, baik stroke iskemik maupun hemoragik, dan penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat. (Source: sehatq.com)

Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan jenis-jenis penyakit yang menyerang pembuluh darah dan jantung. Pada kondisi tertentu, penyakit kardivaskular bisa menyebabkan kondisi fisik pasien menurun drastis. Untuk mengatasi hal ini, pasien bisa menjalani fisioterapi secara rutin oleh tenaga profesional. Proses rehabilitasi ini akan membantu pasien agar pulih lebih cepat karena didampingi dukungan fisik maupun emosional dari pihak profesional.

Gangguan Sistem Pernapasan

Selain kedua kondisi di atas, beberapa penyakit yang mengganggu sistem pernapasan misalnya asma, fibrosis kistik, dan penyakit paru obstruktif kronik juga bisa diobati dengan fisioterapi. Ahli fisioterapi akan menggunakan serangkaian metode agar tubuh pasien bisa mengontrol sistem pernapasan dengan lebih baik.

Demikianlah ulasan tentang pentingnya menggunakan jasa fisioterapis profesional untuk mengembalikan fungsi dan gerak bagian tubuh pascaluka, sakit maupun hilangnya kemampuan gerak tubuh karena kondisi tertentu. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *