anemia saat hamil

Tak Hanya Kekurangan Zat Besi! Ini 3 Macam Anemia Pada Saat Kehamilan

Posted by

Ayupro – Bagi ibu yang sedang hamil, pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia memang sepertinya sudah sangat dipahami. Walau pun mungkin masih banyak yang menyangka anemia, baik itu pada kehamilan atau pun tidak, terjadi hanya karena kekurangan zat besi. Padahal ada beberapa macam anemia berbeda. Masing-masing memiliki resiko dan juga bahaya tersendiri.

Setelah memahami apa itu pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, berikutnya wajib untuk mengetahui apa saja jenis dan macam dari anemia. Pasalnya masing-masing jenis dan juga macam dari anemia ini akan memberikan pengaruh dan resiko berbeda. Sehingga sangat penting untuk mengetahui apa saja macam-macam dari anemia yang mungkin terjadi pada ibu hamil.

anemia saat hamil

1. Anemia karena kekurangan asam folat

Asam folat merupakan salah satu kandungan mineral yang sangat penting pada masa kehamilan. Anemia yang terjadi karena kurangnya asam folat sering kali diakibatkan karena berkurangnya kadar vitamin B di dalam tubuh. Sehingga produksi sel darah pun berkurang.

Anemia yang terjadi karena kurangnya asam folat dalam tubuh bukan hanya menyebabkan lesu dan juga lemah. Namun akan berbahaya pada perkembangan janin. Janin memiliki resiko lahir premature sampai perkembangan tulang belakang dan otak yang terganggu.

2. Anemia karena kekurangan Zat Besi

Macam anemia yang paling dikenal memang disebabkan karena kurangnya zat besi. Resikonya selama masa kehamilan tentu saja tubuh yang menjadi jauh lebih lemah, letih dan lesu. Pada tingkatan tertentu, anemia karena kurangnya zat besi juga dapat menyebabkan nyeri pada dada, sesak nafas, dan juga hilangnya kesadaran.

Anemia untuk ibu hamil di semester ketiga juga dapat berpengaruh pada proses melahirkan. Salah satunya pendarahan hebat.

3. Anemia karena kekurangan Vitamin B12

Sama seperti zat besi, Vitamin B12 juga sangat penting untuk proses pembentukan darah merah. Sehingga anemia karena kekurangan Vitamin B12 ini pun memberikan tanda serta gejala nyaris sama. Hanya saja, anemia karena Vitamin B12 beresiko menyebabkan bayi terlahir dengan gangguan tabung saraf.

Selain Vitamin B12, vitamin C juga penting selama kehamilan demi menjaga probiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *