desain rumah minimalis

Tipe Desain Rumah Minimalis Sederhana Untuk Pertimbangan Membangun

Posted by

Ayupro – Rumah desain minimalis kini memang menjadi salah satu dambaan bagi mereka yang ingin memiliki rumah baru. Ya, tidak dimungkiri memang jika desain rumah minimalis menjadi solusi yang paling tepat untuk mendapatkan hunian yang nyaman di tengah keterbatasan lahan yang terus terjadi. Dengan desain rumah ini, Anda tetap bisa memiliki rumah di lahan yang terbatas.

Seperti namanya, rumah desain minimalis menggunakan lahan yang cenderung terbatas dengan bentuk rumah yang tidak terlalu besar pula. Selain sebagai solusi atas keterbatasan lahan yang terjadi, pilihan desain rumah ini tentu juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang cenderung memiliki dana terbatas untuk membangun rumah.

Nah, berbincang tentang rumah desain minimalis, ada beberapa pilihan tipe yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membangun. Penasaran dengan beberapa tipe tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

desain rumah minimalis

Aneka Tipe Desain Rumah Minimalis 

Sebagaimana disinggung di awal bahwa dalam pembangunan rumah desain minimalis, ada beberapa tipe rumah yang bisa Anda pertimbangkan. Adanya beberapa tipe desain rumah ini tentu saja akan sangat membantu untuk persiapan sehingga hasil pembangunan sesuai dengan luas lahan dan budget.

Adapun beberapa tipe rumah desain minimalis adalah sebagai berikut:

  • Rumah Tipe 36

Salah satu tipe rumah desain minimalis yang kini sedang booming dan banyak menjadi pilihan adalah rumah dengan tipe 36. Ya, seperti namanya, rumah ini memiliki luas bangunan sekitar 36 meter persegi. Salah satu contoh yang paling mudah adalah rumah dengan ukuran 6 meter x 6 meter.

Biasanya, rumah ini dibangun di atas lahan dengan luas sekitar 60 meter persegi atau juga 72 meter persegi. Oleh karena itu, dalam iklan sering ditulis rumah tipe 36/60 atau 36/72. Karena luasnya yang cukup terbatas, maka tipe rumah desain minimalis ini hanya memiliki ruang yang terbatas pula.

Biasanya, rumah dengan tipe 36 ini memiliki dua buah kamar timur, 1 kamar tamu yang menyatu dengan ruang keluarga dan 1 kamar mandi dengan dapur. Rumah tipe ini cocok untuk Anda yang baru menikah atau maksimal memiliki satu orang anak.

  • Rumah Tipe 45

Rumah tipe 45 adalah salah satu rumah desain minimalis yang juga cukup banyak diminati. Rumah ini memiliki luas bangunan sekitar 45 meter persegi. Nah, contoh ukuran dari tipe rumah minimalis ini misalnya 6 meter x 7,5 meter atau 8 meter x 5,6 meter. Biasanya, rumah ini dibangun dengan lahan seluas 96 meter, sehingga sering dijumpai rumah tipe 45/96.

Dibanding tipe sebelumnya, rumah tipe 45 ini memberikan kenyamanan yang lebih baik. Biasanya, rumah dengan tipe ini dibuat dengan pembagian ruang seperti 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang keluarga, carport dan teras rumah yang bisa dikatakan cukup luas.

Meskipun demikian, ruang yang tersedia pada rumah tipe ini tidak cukup kuas. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam mengaturnya.

  • Rumah Tipe 60

Pilihan lain dari tipe rumah desain minimalis adalah rumah tipe 60. Rumah ini cukup luas dengan luas bangunan sekitar 60 meter. Sebagai contoh, rumah ini bisa dibangun dengan bangunan berukuran 6 meter x 10 meter.

Dalam pembangunan ini, rumah tipe 60 bisa dibangun dengan pembagian ruang seperti 3 kama tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga dan garasi. Tipe rumah desain minimalis ini cukup lega dengan harga yang bisa dikatakan belum terlalu mahal.

Demikian beberapa ulasan tentang tipe desain rumah minimalis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *